Come and Visit Us
Mal Pelayanan Publik 5th Floor
 
Jl. Epicentrum Sel., RT.2/RW.5, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
Hotline Service: 1500 164 (Ext. 3)
Organized & supported by:
JIC Talks “Investment Prospect in Jakarta after Indonesia’s Election”
JIC

Jakarta, 3 September 2019 – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Investment Centre telah menyelenggarakan JIC Talks dengan tema “Investment Prospect in Jakarta after Indonesia’s Election”. JIC Talks diselenggarakan pada Jumat, 30 Agustus 2019 di Shangri-La Hotel Jakarta dan merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan setiap dua kali dalam setahun. Setiap tahunnya JIC Talks diadakan dalam rangka meningkatkan realisasi investasi penanaman modal di wilayah Jakarta, meningkatkan minat dan wawasan para calon investor serta stakeholder.

Dalam kesempatan tersebut, JIC mengundang beberapa narasumber dari berbagai bidang keahlian salah satunya adalah Sandiaga Uno yang menjadi pembicara pada sesi kedua. Hal yang menjadi salah satu fokus oleh beliau yaitu terkait integrasi Online Single Submission (OSS) dengan sistem perizinan usaha di daerah.

“saya selaku pihak swasta terkadang merasa kesulitan untuk memahami fungsi OSS yang seringkali tumpang tindih dengan sistem di daerah.” ujar Sandiaga Uno. Selain itu, beliau menyampaikan di DKI Jakarta sendiri peluang investasi dapat digerakkan dari berbagai sektor seperti infrastruktur, financial technology, e-commerce, pengurangan emisi gas CO2, dan sebagainya. Sandiaga juga sangat mendukung pelakasanaan Kerjasama Pemerintah Daerah dan Badan Usaha (KPDBU) di DKI Jakarta dikarenakan dapat menggerakan pertumbuhan ekonomi dan inklusif.

Pemilihan tema yang diangkat untuk JIC Talks kali ini memiliki tujuan untuk mempromosikan keberadaan Jakarta Investment Centre (JIC) ke ranah internasional, memprediksi iklim investasi di Jakarta pasca pemilu, menguraikan berbagai kendala yang dihadapi dalam proses sinkronisasi Online Single Submission (OSS) ke Perizinan di Provinsi DKI Jakarta yang berdampak pada realisasi investasi. 

Jakarta Investment Centre yang diresmikan pada 31 Juli 2018 adalah sebuah organisasi perangkat daerah yang memfasilitasi investor untuk berinvestasi di DKI Jakarta. Selain itu JIC juga merupakan salah satu wujud Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan realisasi investasi di Jakarta baik dalam negeri maupun luar negeri.